Jenis Sekring Mobil dengan Bentuk Khas yang Berbeda

Jenis sekring mobil cukup beragam. Sekring pada mobil memiliki jenis dengan bentuk yang berbeda. Sehingga pemilik kendaraan perlu memahami terkait sekring mobil agar tidak terjadi hal buruk.

Sebab, peran penting sekring akan berpengaruh Togel pada sistem keselamatan kendaraan. Apalagi jenis sekring cukup banyak, pastikan untuk memahaminya. Berikut ini kami akan sampaikan penjelasan mengenai jenis sekring kendaraan.

Jenis Sekring Mobil yang Umum Digunakan

Setiap kendaraan memiliki sekring yang berperan cukup penting. Fungsi dari sekring atau fuse tersebut membatasi jumlah aliran listrik. Bahkan berperan untuk mengamankan komponen elektronika pada sebuah rangkaian listrik.

Saat terjadi arus berlebih pada kendaraan, maka sekringlah yang akan mengatasinya. Sehingga mengurangi risiko terjadinya masalah besar akibat konsleting atau sejenisnya. Berikut ini ada beberapa jenis sekring yang biasa kendaraan gunakan.

Sekring Blade

Sekring Blade atau sekring pisau adalah jenis sekring yang penggunaannya umum untuk kendaraan, termasuk mobil. Mereka memiliki bentuk pisau datar dan biasanya terbuat dari plastik dengan terminal logam di kedua ujungnya.

Sekring Blade mendapat rancangan khusus untuk melindungi berbagai sistem elektrik dalam mobil dari lonjakan arus atau hubungan singkat yang dapat menyebabkan kerusakan atau bahaya.

Sekring Blade tersedia dalam berbagai ukuran dan ampere, terdapat kode warna atau angka pada bagian atas sekring.

Ukuran dan ampere sekring yang tepat untuk digunakan dalam mobil Anda dapat ditemukan pada kotak sekring di dalam kompartemen mesin atau kompartemen kabin mobil.

Ketika arus listrik melebihi batas ketentuan untuk sekring tertentu, sekring Blade akan meleleh atau putus. Memutuskan aliran listrik dan melindungi sistem dari kerusakan lebih lanjut.

Sekring Glass Tube

Sekring Glass Tube atau Sekring Tabung Kaca adalah jenis sekring yang menggunakan tabung kaca sebagai wadahnya. Mereka memiliki terminal logam di dalam tabung kaca.

Lalu mendapat rancangan untuk melindungi sistem listrik mobil dari arus berlebih atau hubungan singkat yang dapat menyebabkan kerusakan atau bahaya.

Sekring Glass Tube tersedia dalam berbagai ukuran dan ampere. Ketentuan ukurannya sesuai panjang dan diameter tabung kaca.

Sekring tersebut sering digunakan untuk mobil klasik atau beberapa mobil tertentu yang mungkin masih menggunakan desain sekring yang lebih tua.

Proses penggantian sekring Glass Tube juga melibatkan pencabutan sekring yang rusak dan menggantinya dengan sekring yang baru dengan rating ampere yang sama. Pastikan untuk mematikan aliran listrik ke sistem yang terhubung dengan sekring sebelum menggantinya.

Sekring Fusible Link adalah jenis sekring untuk sistem kelistrikan kendaraan, termasuk mobil. Secara fisik, sekring Fusible Link terlihat seperti kabel atau kawat yang terbuat dari bahan yang dapat meleleh jika terjadi arus berlebih.

Fusible Link umumnya untuk melindungi sistem pengisian, sistem penyalaan, sistem injeksi bahan bakar, dan sistem lain yang memiliki beban arus tinggi.

Ketika arus melebihi batas ketentuan, kawat Fusible Link akan meleleh dan memutuskan aliran listrik, mencegah kerusakan lebih lanjut pada komponen atau sistem yang dilindungi.

Penggantian Fusible Link harus Anda lakukan dengan hati-hati dan hanya dengan menggunakan Fusible Link yang memiliki rating ampere yang sama dengan aslinya.

Sekring Yazaki

Sekring Yazaki atau BFT (Battery Fuse Terminal) adalah jenis sekring yang perusahaan Yazaki Corporation produksi. Merupakan salah satu produsen komponen kelistrikan otomotif terkemuka.

Penggunaan sekring ini umumnya untuk melindungi sirkuit utama dan sistem kelistrikan mobil dari arus berlebih atau hubungan singkat yang dapat menyebabkan kerusakan.

Sekring Yazaki atau BFT biasanya terhubung langsung ke terminal baterai mobil dan bertindak sebagai sekring utama. Sehingga berperan untuk melindungi seluruh sistem kelistrikan kendaraan.

Sekring Yazaki atau BFT lengkap dengan desain yang memungkinkan penggantian yang mudah dan cepat jika diperlukan. Sekring ini juga lengkap dengan indikator visual atau sirkuit reset yang memudahkan identifikasi dan penanganan masalah jika sekring terputus.

×

Hello!

انقر فوق أحد ممثلينا أدناه للدردشة على WhatsApp أو إرسال بريد إلكتروني إلينا sponsorad44@gmail.com

×