Respons Cak Imin soal Hadi Tjahjanto Bakal Dilantik Jadi Menko Polhukam dan AHY Menteri ATR

Calon wakil presiden (Cawapres) nomer urut 1 sekaligus Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar dengan kata lain Cak Imin merespons tentang kabar akan dilantiknya Hadi Tjahjanto sebagai Menko Polhukam dan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menjadi Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR).

“(AHY) ATR? belum dengar saya. (Hadi Menko Polhukam), oh di-switch, aku belum tahu,” kata Cak Imin sementara ditemui di Posko starlight princess THN AMIN di kawasan Mampang, Jakarta Selatan, Selasa (20/2/2024).

Dia juga mengaku belum mendengar kabar akan terdapatnya reshuffle di Kabinet Indonesia Maju Jokowi-Ma’ruf Amin. Wakil Ketua DPR RI ini mengaku belum mendapat undangan pelantikan menteri baru di kabinet Presiden Jokowi.

“Belum sadar (ada pelantikan), belum mampu comment,” kata Cak Imin singkat.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo atau Jokowi angkat berbicara soal kabar Hadi Tjahjanto dilantik menjadi Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) pada Rabu, 21 Februari 2024.

Jokowi membetulkan bahwa ada pelantikan menteri pada Rabu besok pukul 10.00 WIB.

“Besok ditunggu saja jam 10,” kata Jokowi usai menghadiri Puncak Peringatan Hari Pers Nasional 2024 di Ecovention Hall, Ancol, Jakarta Utara, Selasa (19/2/2024).

Pelantikan Menko Polhukam dan Menteri ATR

Saat ditanya apakah Hadi Tjahjanto yang menjadi Menko Polhukam pengganti Mahfud Md, Jokowi tak berikan jawaban pasti.

Hal yang sama juga disampaikan sementara awak sarana mengkonfirmasi apakah Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dilantik menjadi Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR).

“Besok diamati jam 10. Besok diamati saja,” ujar Jokowi.

Sementara itu, Koordinator Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana membetulkan terdapatnya pelantikan Menko Polhukam dan Menteri ATR di Istana Negara pada Rabu besok.

Namun, Ari enggan membeberkan siapa menteri-menteri yang akan dilantik.

“Rabu besok, 21 Februari 2024, pukul 11.00 WIB, diagendakan pelantikan Menko Polhukam dan Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala BPN oleh Presiden di Istana Negara,” sadar Ari kepada wartawan.

“Mengenai siapa yang akan diangkat dan dilantik oleh Bapak Presiden untuk mengisi dua posisi itu, kami menanti besok ya,” sambung dia.

Mahfud Md Tak Masalah Hadi Dilantik Jadi Menko Polhukam

Mantan Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud Md mengaku tak kasus jikalau Menteri ATR/BPN Hadi Tjahjanto mengisi jabatan sebagai Menko Polhukam.

Hal ini dikatakan Mahfud Md yang juga calon wakil presiden, sesudah beredar kabar jikalau Hadi Tjahjanto lah yang akan mengisi jabatan Menko Polhukam.

“Saya mendengar, baca berasal dari berita anda, kan udah terberitakan. Ya gapapa,” kata Mahfud, di Kawasan Jakarta Pusat, Selasa (20/2/2024).

Lebih lanjut, Mahfud mengaku mengenal dekat dengan Hadi Tjahjanto. Sehingga, dirinya tak mempermasalahkan siapapun sosok yang akan menjadi Menko Polhukam.

“Boleh juga, boleh juga. Saya kenal baik sama beliau. Dia orangnya baik,” pungkas Mahfud.

Mahfud menjabat sebagai Menko Polhukam pada 23 Oktober 2019 hingga 1 Februari 2024. Dia mengundurkan diri berasal dari jabatan tersebut sementara menjadi calon wakil presiden mendampingi calon presiden Ganjar Pranowo untuk bertarung dalam Pilpres 2024.

×

Hello!

انقر فوق أحد ممثلينا أدناه للدردشة على WhatsApp أو إرسال بريد إلكتروني إلينا sponsorad44@gmail.com

×