Rating Kredit Indonesia Masih Solid, Menko Airlangga: Pemodal Percaya dengan Indonesia

Jakarta – Menteri Koordinator bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyambut bagus rating kredit Indonesia yang dirilis Institusi Pemeringkat Moody’s. Airlangga menyebut kepercayaan investor terhadap Indonesia masih cukup bagus.

Diketahui, Institusi Pemeringkat slot server thailand Moody’s kembali mempertahankan Sovereign Credit Rating (SCR) Republik Indonesia pada peringkat Baa2, satu tingkat di atas investment grade, dengan outlook stabil pada 16 April 2024. Keputusan ini adalah afirmasi dari peringkat yang sama yang sudah dipertahankan semenjak Annual Review 10 Februari 2022.

Moody’s menyuarakan afirmasi ini didasarkan pada hasil asesmennya bahwa ketahanan perekonomian Indonesia konsisten terjaga. Ini didorong oleh pertumbuhan ekonomi yang tinggi dan stabil serta pelbagai temuan instrumen kebijakan yang kuat, di tengah tingginya ketidakpastian ekonomi global.

“Hasil afirmasi Moody’s yang konsisten pertahankan peringkat Indonesia dengan outlook stabil di tengah ketidakpastian ekonomi global dan ketegangan geopolitik ketika ini menandakan kepercayaan investor masih kuat terhadap kredibilitas kebijakan Pemerintah dan ketahanan ekonomi Indonesia,” kata Menko Airlangga dalam keterangannya, dikutip Sabtu (20/4/2024).

“Ke depannya, Pemerintah akan terus mengerjakan sinergi dan bauran kebijakan dengan konsisten mengawasi pelbagai risiko eksternal, khususnya konflik Timur Tengah yang berpotensi berakibat terhadap kenaikan harga, dengan terus menjaga energi beli masyarakat,” sambung Airlangga.

Moody’s juga memproyeksikan rata-rata pertumbuhan ekonomi Indonesia pada 2024-2025 akan konsisten berada pada jenjang sebelum pandemi adalah sekitar 5,0 persen. Rata-rata tersebut lebih tinggi diperbandingkan negara-negara lain yang berada pada peringkat Baa yang hanya tumbuh pada kisaran 3 perse .

ini dipandang sebagai hasil dari reformasi struktural yang dicapai pemerintah, yang bertujuan untuk membenarkan iklim investasi, mewujudkan lapangan kerja, dan meningkatkan penerimaan pemerintah.

×

Hello!

انقر فوق أحد ممثلينا أدناه للدردشة على WhatsApp أو إرسال بريد إلكتروني إلينا sponsorad44@gmail.com

×