Alasan Kocak Gus Baha Pilih Qurban Kambing ketimbang Sapi Patungan: Kendaraannya Nunggu Kalian Kelamaan!

Jakarta – Ada satu pertanyaan yang lazim perihal ibadah qurban. Lebih baik qurban patungan sapi atau kambing sendirian?

Diketahui, sapi dapat slot depo 10k menjadi qurban untuk tujuh orang. Sementara, kambing cuma untuk satu orang.

Ada beragam perspektif untuk menjawab problem ini. Bagi yang memilih sapi, tentu banyak alasannya. Contohnya, daging lebih banyak, patungan lebih ringan, atau soal kemudahan memperoleh hewan kurban.

Itu pula bagi yang memilih kambing, pasti juga mempunyai alasan tersendiri. Bagi orang desa, contohnya, sebab mereka memang memelihara kambing, kambing lebih ringan belinya, dan lain sebagainya.

Terlepas dari itu, qurban, baik dengan sapi, kambing, kerbau atau hewan yang pantas syariat sama bagusnya. Qurban ialah ibadah sunnah muakad atau utama/disarankan.

Beda soal jika soal pilihan qurban patungan sapi atau kambing sendirian ini ditanyakan terhadap KH Ahmad Bahauddin Nursalim (Gus Baha). Dia punya alasan tersendiri yang kedengarannya kocak.

Qurban Patungan Non-mahram Bagaimana?

Menginfokannya ponpesdiponegoro.com, Gus Baha mempersembahkan penjelasan perihal praktik qurban. Di sekitar kita, banyak terjadi kasus qurban sapi, yang diadakan secara patungan. Tapi, bagaimana jika yang patungan tersebut tidak datang dari satu keluarga, dan terdiri dari orang asing?

Dalam sebuah video yang diunggah oleh channel Santri Gayeng, Gus Baha mengilustrasikan kasus tersebut. Ucap saja Rukhin (nama santri yang ialah santri kinasih beliau) mempunyai istri, yang bekerja di sebuah institusi.

Kemudian, istri Rukhin berqurban di institusi tempatnya mengajar dengan patungan. Sebaliknya, Rukhin juga patungan berqurban dengan kolega-kolega kerjanya di kantornya sendiri, yang notabene bukan mahramnya.

×

Hello!

انقر فوق أحد ممثلينا أدناه للدردشة على WhatsApp أو إرسال بريد إلكتروني إلينا sponsorad44@gmail.com

×