Mengetahui Pengaruh Buruk Mindless Scrolling dan Kiat Menuntaskannya

Berseluncur di dunia maya dengan mencari kabar di dunia maya atau bermain media sosial sepertinya telah menjadi bagian dari kehidupan kita yang tak bisa dipisahkan, ya. Apalagi di era komputerisasi saat ini, rasanya seluruh kebutuhan bahkan bisa kita peroleh dengan gampang di sana.


Melainkan sayangnya, saking terbiasanya dengan hal ini membuat kita sering kali \\\”terjerumus\\\” dalam waktu yang lama untuk sekedar scrolling dan mengonsumsi konten online tanpa sadar. Sebagai misalnya, saat berharap melakukan sebuah tugas yang telah masuk deadline, Anda mengalami kebuntuan inspirasi.

Lalu, Anda walhasil mencari beberapa kabar dengan membuka media sosial sampai lupa untuk melakukan tugas tersebut sebab https://covecasualrestaurant.com/ terlalu asik scrolling video TikTok atau membaca thread di X (Twitter). Siapa yang pernah mengalami hal ini?

Sayangnya, keadaan ini apabila diperkenankan terus-menerus bisa menyebabkan mindless scrolling yang tak bagus bagi kehidupan Anda, termasuk menyebabkan gangguan kesehatan mental. Sebab, budaya ini bisa menyebabkan kecanduan dan ada banyak masalah yang bisa dimunculkan.


Seperti apa? Kemudian, apakah yang dimaksud dengan mindless scrolling sendiri? Untuk menjawab rasa penasaran Anda, sebagaimana dihimpun dari beberapa sumber, Pekan (12/5/2024), ini dia kabar selengkapnya perihal keadaan tersebut serta bagaimana metode menyelesaikannya.

Pesatnya perkembangan teknologi komputerisasi, terlebih media sosial dan munculnya telepon seluler, semakin mempermudah kita membuka konten yang tak ada habisnya di platform seperti Instagram, Facebook, dan Twitter.

Selain itu, hal ini juga menjadi tanggapan otomatis bagi banyak orang, menjadi sebuah perilaku yang sering kali dikaitkan dengan penundaan dan kebutuhan akan stimulus terus-menerus.

Psikolog menonjolkan bahwa perilaku ini disebabkan oleh variabel reward system yang digunakan platform media sosial. Mirip seperti mesin slot, media sosial memperkenalkan perpaduan antara konten umum dan menarik, sehingga memicu harapan yang dipicu oleh dopamin untuk terus menyusuri konten berguna selanjutnya.

Mekanisme ini mengeksploitasi harapan alami kita akan hal-hal baru dan kesenangan yang kita peroleh dari imbalan yang tak terduga.

Selain itu, sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Experimental Psychology menemukan bahwa mindless scrolling bisa menjadi metode bagi orang untuk menghindari perasaan negatif. Kepuasan instan dan gangguan sementara yang ditawarkan saat scrolling bisa menjadi jalan keluar yang gampang saat menghadapi stres, kebosanan, atau ketidaknyamanan.

×

Hello!

انقر فوق أحد ممثلينا أدناه للدردشة على WhatsApp أو إرسال بريد إلكتروني إلينا sponsorad44@gmail.com

×