Menaker Pendirian SMK Asy-Syarif Dari Mojokerto

Problematika ketenagakerjaan di Indonesia seperti ketidaksesuaian kemampuan pekerja dengan kebutuhan industri masih terjadi hingga dikala ini. Akibatnya, tamatan yang tak mempunyai profesi malah kian banyak dari waktu ke waktu.

Guna mengatasi keadaan sulit itu, sekolah kejuruan menjadi salah satu taktik akurat untuk menjalankan link and match antara tamatan dengan kebutuhan https://www.pdfijateng.com/ industri. Salah satu sekolah kejuruan yang baru diresmikan ialah SMK Asy-Syarif Mitra Industri yang terletak di Mojokerto, Jawa Timur.

Berhubungan dengan itu, Menteri Ketenagakerjaan, Ida Fauziyah malah menyambut baik pendirian SMK Asy-Syarif Mitra Industri. Ia menyebut, sekolah itu bisa menjalankan link dan match dengan dunia usaha dan industri.

“Mudah-mudahan sekolah ini benar-benar menjadi the real vocational school, ini yang kita harapkan,” ujarnya dikala menjalankan peluncuran permulaan SMK Asy-Syarif Mitra Industri di Mojokerto, Jawa Timur, Sabtu (22/6/2024).

Disokong Seluruh Pihak

Ketua Yayasan Industri Mandiri, Darwoto menyokong kehadiran SMK Asy-Syarif Mitra Industri. Ia menyebut, dukungan hal yang demikian juga hadir dari KADIN, APINDO, dan Himpunan Wilayah Industri Jawa Timur.

“Tentu sekiranya dunia usaha dan dunia industri telah cawe-cawe berhubungan dengan sekolah vokasi, pasti hasilnya layak dengan kebutuhan dunia usaha dan dunia industri itu sendiri,” ujarnya.

Darwoto membeberkan, berhubungan kurikulum yang diterapkan di SMK Asy-Syarif Mitra Industri, menggunakan Kurikulum Merdeka Kemendikbudristekdikti sebagai bahan dasar.

“Jadi kurikulum nasional yang dibakukan oleh Kementerian Pengajaran itu menjadi basic, tetapi pengembangan disesuaikan dengan kebutuhan dari dunia industri itu sendiri, sehingga sekolah betul-betul kepada perkembangan keterampilan yang diperlukan dunia industri,” jelasnya.

Sebagai isu, bersamaan dengan peluncuran permulaan, SMK Asy-Syarif Mitra Industri membuka pendaftaran peserta didik baru tahun ajaran 2024/2025 dengan dua kejuruan, ialah kejuruan ototronik dan mekatronik.

×

Hello!

انقر فوق أحد ممثلينا أدناه للدردشة على WhatsApp أو إرسال بريد إلكتروني إلينا sponsorad44@gmail.com

×